Menu

Mode Gelap

Tips & Tutorial · 4 Nov 2021 20:05 WIB ·

Battery Error consider Di Laptop? Solusinya disini,


					Battery Error consider Di Laptop? Solusinya disini, Perbesar

Baterai memang menjadi salah satu elemen penting yang ada di laptop kita karena tentu jika tidak memiliki baterai laptop kita akan sulit digunakan terlebih jika ditempat kita tidak memiliki colokan listrik.

Untuk Sobat yang memiliki masalah pada baterai mungkin pernah mendapatkan notifikasi biasa bertuliskan error consider replacing your battery pada saat baterai dalam kondisi di charge. Hal ini biasanya ditandai dengan tanda silang pada ikon baterai. Bukan hanya baterai yang sudah lama saja melainkan masalah pada baterai ini dapat juga menyerang pada baterai yang semula normal-normal saja.

sebelum mengetahui cara mengatasai masalah pada baterai terlebih dahulu Sobat harus mengetahui penyebab munculnya tanda silang pada baterai dengan keterangan error consider replacing your battery. Penyebab utama masalah pada baterai yang biasa terjadi adalah:

  1. Belum terupdatenya sistem windows
  2. Salahnya perawatan pada baterai atau mungkin Sobat sering lepas-pasang baterai
  3. Seringnya Sobat menginstal software tertentu yang menyebabkan baterai menjadi bermasalah.
  4. Proses CDC (Charge disCharge) dimana Sobat melepas charger ketika baterai penuh dan menunggu hingga baterai lemah kemudian mencolok charger lagi.
  5. Masa pakai baterai memang sudah berakhir. Dalam hal ini Sobat bisa melihat report dengan cara memeriksa Power Efficiency Diagnostics Report tentang penggunaan baterai laptop Sobat.
  6. Hampir sama seperti point nomor 5, yaitu wear level baterai sudah sangat tinggi sehingga memang kapasitas simpan daya pada baterai sudah lemah.
Setelah Sobat mengetahui beberapa sebab yang dapat menyebabkan masalah pada baterai sobat bisa mengetahui cara mengatasi error consider replacing your battery error consider replacing your battery pada laptop  sehingga Sobat tidak perlu bingung lagi ketika mendapatkan masalah seperti ini. Apalagi Sobat buru-buru mengganti baterai laptop dengan yang baru, Karena masalah seperti ini bisa teratasi dengan mudah, tentunya dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Lakukan Pengisian hingga 100%

Proses pertama ini cukup krusial alias penting dimana kondisi baterai harus mencapai titik maksimal daya simpan baterai itu sendiri yaitu 100%. Nah perlu diperhatikan bahwa 100% disini bukanlah level baterai karena ada bebarapa laptop yang karena memang daya simpannya sudah menurun sehingga hanya mampu mencapai titik maksimal 90%.

2. Matikan Laptop

Setelah kondisi baterai 100%, matikan laptop dalam keadaan Charger masih tersambung.

3. Masuk ke Safe Mode

Kemudian langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah pada baterai adalah dengan menghidupkan laptop Sobat dan menekan tombol f8 berulangkali hingga muncul Advanced Boot Options lalu pilih menu Safe Mode.

4. Biarkan Laptop Mati

Kemudian setelah masuk ke dalam sistem Windows Safe Mode, Sobat bisa mencabut charger laptop Sobat. Sobat bisa membiarkan laptop sobat sampai mati dengan sendirinya, sebaiknya tidak menggunakan laptop Sobat ketika sedang menjalankan proses ini.

5. Nyalakan Laptop

Langkah terakhir untuk mengatasi masalah pada baterai yang perlu di lakukan adalah menghubungkan kembali charger laptop sambil menyalakan laptop seperti biasanya.
Sebenarnya cara diatas biasa kita sebut sebagai Kalibrasi Baterai. Setelah semua proses selesai, Sobat bisa menggunakan laptop kembali dengan kondisi baterai yang sudah normal. Atau mungkin jika masalah seperti ini masih tetap terjadi  bisa membawa ke tukang servis laptop untuk memperbaiki laptop Sobat dengan cepat. Tetapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan dan menghindari beberapa penyebab masalah pada baterai yang mungkin secara sadar  lakukan.
Itulah dia Cara Kalibrasi Laptop atau Solusi Mengatasi Consider Replacing Your Battery. Semoga bermanfaat untuk Sobat semuanya.
Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Telah Hadir Versi Android RainX-Tech Versi 1.0

3 November 2022 - 07:10 WIB

New Windows 11 Update 22000.593 (KB5011563) – Waktu Booting Lebih Rendah, Fixed Memory Leaks, Pencarian Crash Fixed, Dan Lainnya

31 March 2022 - 01:08 WIB

Cara Meningkatkan Kinerja Windows 11

23 December 2021 - 14:51 WIB

Tema Windows 11 Terbaru untuk 2022 ( How To Install )

22 December 2021 - 13:27 WIB

Cara Menghapus Bagian yang Direkomendasikan dari Start Menu di Windows 11 Dev Channel

21 December 2021 - 08:31 WIB

Cara Mengaktifkan Widget Cuaca Baru di Windows 11 Dev Build

20 December 2021 - 08:34 WIB

Trending di Tips & Tutorial