Menu

Mode Gelap

Tips & Tutorial · 17 Nov 2021 07:42 WIB ·

Apakah Windows 11 Selalu Freeze? Coba ini!


					Apakah Windows 11 Selalu Freeze? Coba ini! Perbesar

Windows 11 seharusnya berjalan dengan lancar, tetapi ada kalanya Windows 11 dapat Freeze atau Overlocking di sistem Sobat, jadi  membuat frustrasi Sobat. Pada saat Upgrade Windwos 10 ke Windows 11 tentu data ataupun sisa system masih tersimpan di Local C ( system ), nah disini admin akan menjelasin  7 hal yang harus di perhatikan.

Apakah OS windows Sobat selalu Freeze setelah menginstal Windows 11 atau salah satu pembaruannya, Admin akan memberikan berbagai langkah untuk menghentikan Freeze di  Windows 11.

1. Kosongkan Ruang Penyimpanan Local Dick C


Komputer Sobat dapat melambat jika drive hampir mencapai kapasitas penuh. Ini karena Windows 11 tidak memiliki cukup ruang untuk mengelola dirinya sendiri secara efektif. Disarankan Minimal sisakan 30GB untuk Pengelolaan System yang ada kalanya akan menguras Penyimpanan. Biasanya akan di temukan seingat sobat ada sekitar 134GB tapi di Local Disk C hanya 127GB, dan setelah di Restart PC sobat, akan kembali Normal ke 134Gb.

2. Bersihkan Bagian Dalam PC/Laptop Sobat

Debu yang menumpuk di dalam komputer sobat seiring waktu. Ini mungkin terjadi lebih cepat jika PC dekat dengan lantai atau memiliki hewan peliharaan. Tidak hanya kotor jika PC/ Laptop sobat penuh dengan debu,  juga dapat memperlambat sistem .

PC/Laptop ( Komputer ) Sobat mulai panas, itulah sebabnya harus memiliki kipas untuk mengatur aliran udara dan menjaga suhu tetap stabil. Namun, jika komputer Sobat penuh dengan debu maka akan sulit bagi kipas tersebut untuk bekerja secara efektif. Jika komputer sobat menjadi terlalu panas, maka kinerjanya akan melambat dan bisa  mencegah komponen terbakar dan gagal system.

Matikan komputer sobat, cabut semuanya, buka casingnya, dan gunakan Kipas atau lap basah untuk mengeluarkan debu.

3. Periksa Kesehatan Components
Jika komputer Anda sudah lama digunakan, komponen di dalamnya mungkin rusak. RAM yang rusak sering menjadi sumber Freeze Windows 10. Hard drive yang rusak juga bisa menjadi penyebabnya, terutama jika Anda melihat Freeze saat mencoba mengakses file.

4. Uninstall Antivirus dan Cleaner Tools
Anda tidak perlu membebani komputer Anda dengan beberapa program antivirus atau Cleaner Tools yang hanya menambah berat System. Lakukan secara Manual ( Baca Point 1  ) Jika sobat menjalankan banyak program , kemungkinan besar 1-2 antivirus akan bentrok dan memakan sumber daya sistem. Sebenarnya paket Security package Windows 10 ataupun 11 bawaan sudah Sangat cukup.

Selanjutnya, saatnya melakukan Scan virus untuk memastikan sistem Anda tidak terinfeksi. Virus dapat menguras sumber daya sistem Anda dan menyebabkannya Freeze. Lakukan Full scan sistem untuk Keamanan Windows. Windows bawaan  ini akan secara otomatis membersihkan virus atau malware apa pun. jika ada yang tidak bisa di remove virus atau malware, solusi terakhir  Install Malwarebytes Windows version yang 14 hari Percobaan dan lakukan Scan di PC sobat. Setelah Selesai di Unistall.

setelah itu Tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan dan klik Aplikasi . Kemudian, pilih setiap program yang tidak dipakai pada daftar secara bergantian, dan klik Uninstall.

6. Akses Event Viewer

Cara yang baik untuk memeriksa masalah apa yang terjadi pada sistem sobat  adalah dengan Event Viewer. Lakukan pencarian sistem dan buka, dan bisa kita melihat permaslahan terakhir di system error itu kenapa.

Di panel kiri, klik dua kali Windows Logs. Ini dipecah menjadi beberapa bagian. Yang relevan adalah Aplikasi dan Sistem. Lihat di dua log ini dan periksa entri dengan tanggal dan waktu yang bertepatan dengan Freeze Windows 11. Atau, cari yang memiliki tingkat Kesalahan atau Kritis, karena ini merinci masalah terburuk.

Setelah sobat menemukan sesuatu, copy dan Paste informasi Event ke Google. Ada terlalu banyak kemungkinan untuk dibahas di sini. Cukup kita mengetahui Code error. supaya bisa mengetahui kenapa system Freeze

7. Reset PC

Jika cara keenam diatas tidak teratasi, Solusi Terakhir adalah Reset System

Pilih Remove Everything, dan Rei install Ulang Kembali ke System utama, Pastikan Semua data Penting sobat di amankan dulu di Hardisk atapun USB.

Semoga ada yang bermanfaat Sobat.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 446 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Telah Hadir Versi Android RainX-Tech Versi 1.0

3 November 2022 - 07:10 WIB

New Windows 11 Update 22000.593 (KB5011563) – Waktu Booting Lebih Rendah, Fixed Memory Leaks, Pencarian Crash Fixed, Dan Lainnya

31 March 2022 - 01:08 WIB

Cara Meningkatkan Kinerja Windows 11

23 December 2021 - 14:51 WIB

Tema Windows 11 Terbaru untuk 2022 ( How To Install )

22 December 2021 - 13:27 WIB

Cara Menghapus Bagian yang Direkomendasikan dari Start Menu di Windows 11 Dev Channel

21 December 2021 - 08:31 WIB

Cara Mengaktifkan Widget Cuaca Baru di Windows 11 Dev Build

20 December 2021 - 08:34 WIB

Trending di Tips & Tutorial